Pengertian Sifat Wajib Allah ke 12: Bashar’ (Melihat)

Kajian Islam  (Santri Milenial)Pengertian Sifat Wajib Allah ke 12: Bashar’ (Melihat)

Wajib bagi Allah secara akal bersifat Al-Bashar artinya Allah adalah Dzat yang maha Melihat. Allah ta’ala melihat segala sesuatu dengan penglihatan-Nya yang azali dan abadi dan Dia melihat dzat-Nya tanpa menggunakan kelopak mata dan anggota tubuh, karena panca indra adalah termasuk di antara sifat-sifat makhluk.

Dalil ketetapan sifat Bashar bagi Allah secara akal adalah bahwa seandainya Allah tidak bersifat melihat, niscaya Allah bersifat buta. Dan buta (tidak bisa melihat) adalah sifat yang menunjukkan arti kekurangan dan tidak layak bagi Allah. Dan sifat yang menunjukkan arti kekurangan bagi Allah adalah mustahil (tidak mungkin).

Baca juga: Pengertian Sifat Wajib Allah ke 11: Sama’ (Mendengar)

Dalil naqli dari ayat dan hadits tentang sifat Sama’ (maha mendengar) dan Bashar (maha melihat) adalah firman Allah ta’ala :

(وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ)

Maknanya : “Dan Dia maha Mendengar lagi maha Melihat”. (Q.S Al-Syuro :11)

Begitu juga sabda Rasulullah _shallallahu ‘alaihi wasallam_ dalam menyebutkan nama-nama Allah yang baik (Asma’ullah Al-Husna) : Al-Sami’ (Allah maha Mendengar) Al-Bashir (Allah maha Melihat). Hal tersebut terdapat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al-Tirmidzi dalam kitabnya Sunan Al-Tirmidzi. Dan Imam Ibnu Hibban dalam kitabnya Shohih Ibnu Hibban mengatakan bahwasanya hadits tersebut adalah hadits yang shohih.

Oleh: Oleh: Ustad Abu ‘Abdillah Ibnu Zubaidy Al-Bathy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *